Pengalaman Menggunakan Sosial Media Selama 5 Tahun


Nama : Made Alam Kamajana
Nim : 1705552023
Jurusan : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata kuliah : Aplikasi Sosial Media (A)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
http://suarausu.co/wp-content/uploads/2017/06/karakteristik-pengguna-media-sosial-1.jpg


Perkenalkan, Nama saya Made Alam Kamajana saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi social media. Sosial Media Adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Pertama kali saya menggunakan media social yaitu pada saat saya berumur 11 tahun, pada waktu itu saya masih duduk di kelas 5 SD. Media social pertama yang saya gunakan adalah jejaring social Facebook, karena saat itu facebook begitu di meledak dan sangat digemari oleh banyak orang. Saya dan teman-teman mulai membuat akun facebook di warung internet alias warnet karena saat itu akses internet cukup terbatas dan tidak seperti sekarang dimana  internet sudah begitu mudah diakses lewat perangkat mobile.
Kesan pertama yang saya rasakan saat pertama kali menggunakan media sosial adalah begitu luar biasa, dengan 1 aplikasi berbasis web kita dapat bersosialisasi dengan orang lain baik itu teman maupun orang yang tidak dikenal. Pada saat itu facebook hanya bisa digunakan untuk mengirim status,foto,pesan dan hal lainnya yang berbentuk teks. Namun setelah beberapa tahun saya melihat facebook mulai mengupdate produk nya dengan menambahkan berbagai fitur mulai dari game,video,video call dan lain-lain. Setelah bosan menggunakan facebook, saya mencoba menggunakan twitter. Menurut saya twitter tidak jauh berbeda dengan facebook, hanya saja twitter lebih berfokus pada update status atau menuliskan pesan pada halam profil pengguna. Twitter juga kerap digunakan untuk menuliskan hashtag tertentu yang bertujuan memviralkan sesuatu, contohnya #ShameOnYouXxX

Sekitar tahun 2014 teknologi seperti nya sudah sangat berkembang pesat dimana sebagian besar start up sepertinya sudah berpindah dari perangkat desktop ke perangkat mobile dan mulai bermunculan berbagai smartphone yang mendukung aplikasi berbasis mobile. Demikian juga dengan sosial media, di tahun itu mulai populer sosial media yang bernama instagram. Saya pun ikut membuat akun instagram karena penasaran dengan apa yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Ternyata instagram hanya berfokus pada foto,video ataupun moment yang di upload oleh pengguna. Facebook yang tadinya banyak digemari oleh orang pun penggunanya mulai berkurang karena sejalan dengan perkembangan teknologi smartphone dan kamera yang semakin canggih orang lebih suka untuk mengunggah moment moment mereka di internet, tidak lagi sekedar menuliskan status status aneh yang terkesan alay. Sebenarnya dengan facebook kita juga bisa mengunggah moment moment tersebut, namun karena instagram lebih fokus pada bidangnya membuat fiturnya menjadi lebih menarik. Tetapi facebook dengan cepat menyadari perpindahan arus penggunanya maka dari itu facebook langsung membeli instagram untuk digabungkan dengan perusahaannya. Setelah itu mulai instagram mulai banyak menambahkan fitur nya hingga kini. Selain media sharing, saya juga senang menggunakan media chatting seperti line, bbm, whatsapp. Seperti namanya start up tersebut hanya berfokus untuk mengirim pesan namun ditambahkan berbagai fitur agar lebih menarik. Tetapi mirip seperti facebook, apliasi media chatting juga mulai menambahkan fiturnya sehingga mirip dengan media sharing. Begitulah pengalaman saya dalam menggunakan media sosial selama 5 tahun terakhir, menurut saya teknologi pasti akan berkembang sama seperti sosial media, dari yang awalnya hanya berfokus pada bidang tertentu ternyata setelah beberapa tahun bisa mencakup bidang-bidang yang lain. Para perusahaan aplikasi tidak kehabisan akal untuk membuat aplikasi nya terus bertahan dengan melakukan berbagai cara mulai dari menambahkan fitur atau membeli start up yang potensial. Masih banyak aplikasi sosial media yang pernah saya gunakan seperti yahoo,kaskus,google+ dan masih banyak lagi, namun menurut saya semua aplikasi sosial media tujuan utamanya adalah menghubungkan satu orang dengan orang lain ataupun banyak orang secara online
Daftar Pustaka :
-
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
-
http://sarungpreneur.com/inilah-macam-macam-sosial-media-yang-populer-di-dunia/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cybercrime

JARINGAN KOMPUTER DAN ORGANISASI

Sosial Media