Etika Komputer Dan Etika Internet Pada Sosial Media

Nama : Made Alam Kamajana
Nim : 1705552023
Jurusan : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata kuliah : Aplikasi Sosial Media (A)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT


Hasil gambar untuk etika internet
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxZ-TPUkz_seRPOwf_fXjveNNug0gUKLDt_p9jYKS4JXx_6sA2VJMcq8jYKb51AEHUYKBlD2IZ-Vkgu7dYQ_VDmgkAKN8k7uaDB8aJdUnNl74R85XMPZttM13oHmgUAN-TE7v8zht7mTE/s1600/ethics.jpg



Etika Komputer dan Etika Internet pada Sosial Media
Dunia Maya atau yang sering disebut dengan Media Maya atau internet adalah salah satu media atau dunia firtual yang sengaja dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia atau interaksi antara satu orang dengan orang lainnya yang berada di tempat yang berbeda. Dengan tingkat kebutuhan yang beragam, sehingga Internet lebih cenderung disebut dengan Dunia Maya atau Cyber World.
Etika adalah Etika adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika berasal dari bahasa latin, Etica yang berarti falsafah moral dan merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari sudut pandang budaya, susila dan agama. Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos yang berarti kebiasaan, watak.
Etika memiliki banyak makna antara lain :
Makna pertama : semangat khas kelompok tertentu, misalnya ethos kerja, kode etik kelompok profesi.
Makna kedua : norma-norma yang dianut oleh kelompok, golongan masyarakat tertentu mengenai perbuatan yang baik-benar.
Makna ketiga : studi tentang prinsip-prinsip perilaku yang baik dan benar sebagai falsafat moral. Etika sebagai refleksi kritis dan rasional tentang norma-norma yang terwujud dalam perilaku hidup manusia.

Sama seperti di dunia nyata, dunia maya juga memiliki etika-etika yang wajib dipatuhi oleh penggunanya, yaitu :
A.   Etika Komputer
Etika komputer itu sangat penting di dalam hubungan dan interaksi antar pengguna komputer. Etika komputer merupakan aturan yang harus diikuti/ditaati oleh seluruh pengguna komputer. Etika komputer berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan perkembangan pemanfaatan komputer diberbagai bidang kehidupan manusia. Pada beberapa negara etika komputer dimasukkan sebagai salah satu bidang ilmu baru didalam ranah ilmu komputer Yang berperan dalam melaksanakan etika komputer adalah perangkat komputer serta perangkat komputasi lainnya.
Contoh Etika Komputer :
1.     Tidak menggunakan konten bajakan (Menghargai hak cipta)
2.     Tidak mencuri data orang lain
3.     Tidak melakukan kejahatan computer

B.   Etika Internet
Etika dalam menggunakan internet atau yang biasa didengar NETIKET adalah etika dalam internet yang digunakan dalam berinteraksi dengan sesama pengguna internet secara online. Dalam Etika Internet ada 3 buah bagian yang harus ditaati dan dilaksanakan dengan baik, yaitu :


-Milis (Mailing List)
Milis adalah layanan surat elektronik berantai di jaringan internet maupun internet, yang banyak digunakan untuk mengantikan fungsi sebuah forum diskusi, dalam membahas satu atau beberapa buah topic pembicaraan secara online. Dalam hal ini anggota wajib memiliki akun layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail. Dalam  Milis juga terdapat aturan yang diberlakukan. Aturan yang disebut dengan Etika Milis atau Netiket Milis ini anatara lain, seperti tidak menjadikan media Milis sebagai tempat untuk penyebar luasan konten pornografi, kekerasan, maupun pelanggaran hak cipta(bajakan), dan masih banyak lagi.

- Forum
Forum adalah media komunikasi pada jaringan komputer maupun internet, yang mana menampilkan banyak topik sebagai bahan diskusi dalam bentuk Thread.  Sebagaimana halnya etika di dalam kehidupan sehari-hari, pada forum juga terdapat etika yang harus dipahami bersama. Terdapat beberapa aturan yang harus ditaati dan dipahami di dalam Forum diskusi online antara lain, seperti membiasakan diri untuk melihat pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan oleh pengguna lainnya, baik melalui FAQ (Frequently Asking Question), menu Searching, atau melihat satu persatu Thread yang ada.

-Jejaring Social (Social Network)
Dalam menggunakan jejaring sosial juga terdapat Etika di dalam penggunaan layanan dan fasilitas pada jejaring sosial (Social Network). Jejaring sosial diciptakan guna mempermudah penyampaian informasi ataupun komunikasi. Dalam penggunaan jejaring sosial, tentu saja ada beberapa pengguna yang menyalahgunakan dalam penggunaanya. Untuk memperkecil tingkat penyalahgunaan hal tersebut maka dibuat aturan dalam pengunaannya. Contohnya saja menggunakan kata-kata yang sopan, tanda baca yang benar, tidak menyebarkan aib diri sendiri maupun orang lain dan tidak mempublish konten-konten yang bersifat SARA dan masih banyak lagi
Contoh pelanggaran etika internet :

·         Cyberbully
·         Carding
·         Fishing
·         Menggunakan kata-kata yang tidak sopan (SARA)
·         Penyebaran hoax
.         Spamming

C. Hubungan antara Media Sosial dengan Etika
            Etika merupakan sikap dan perilaku yang mencerminkan kepribadian seseorang entah itu baik atau buruk, dalam kehidupan sehari-hari orang yang memiliki etika tidak baik akan berdampak negative terhadap orang tersebut bahkan harus berhadapan dengan hukum begitu juga di dunia maya seseorang haruslah mengerti dan mentaati etika-etika dalam menggunakan computer,social media dan internet. Contoh jika kita menggunakan aplikasi Instagram dan gemar mengunggah foto janganlah kita mengunggah foto-foto pribadi yang tidak pantas dilihat oleh orang banyak.

Sekian ringkasan materi yang dapat saya paparkan dalam blog ini


Daftar Pustaka :
-Slide Presentasi Oleh I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
-http://maderiken.blogspot.co.id/2016/10/etika-komputer-dan-etika-internet.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cybercrime

JARINGAN KOMPUTER DAN ORGANISASI

Sosial Media