JARINGAN KOMPUTER DAN ORGANISASI


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Inovasi di dalam teknologi telekomunikasi berkembang dengan cepat dan selaras dengan perkembangan karakteristik masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi, mencari layanan yang fleksibel, serba mudah dan memuaskan serta mengejar efisiensi di segala aspek. Kebutuhan akan sistem untuk pengendalian jarak jauh semakin meningkat sejalan dengan era globalisasi dimana perpindahan dan pergerakan manusia semakin luas dan cepat. Selama ini masyarakat dapat mengontrol sesuatu dari jarak jauh dengan menggunakan remote control, akan tetapi pengontrolan tersebut terhambat oleh jarak. Apabila jarak antara alat yang dikontrol dengan pengontrol itu melewati batas toleransinya, maka peralatan tersebut tidak dapat berfungsi sesuai dengan yang diinginkan. Pengontrolan melalui jalur telepon merupakan hal yang lumrah, tetapi sistem ini kerap digunakan untuk sistem fix-point to point. Selain itu juga adanya kendala biaya terhadap jarak. Jarak semakin jauh maka biaya pulsa yang dikeluarkan semakin besar. Teknologi jaringan komputer merupakan solusi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi fix-point to point dan biaya, serta menjadi model fleksibel multi point to multi point. Pesatnya perkembangan dunia jaringan komputer akhir-akhir ini, memicu berkembangnya teknologi baru yang memanfaatkan teknologi jaringan kompter sebagai media untuk mewujudkan impian manusia akan sebuah aplikasi, salah satu aplikasi yang menggunakan jaringan computer yang digunakan dalam organisasi adalah spiceworks.












1.2 RUMUSAN MASALAH
            1. Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer ?
            2. Apa yang dimaksud dengan organisasi ?
            3. Apa yang dimaksud dengan spiceworks ?
            4. Apa saja fitur-fitur spiceworks ?
            5. Apa manfaat spiceworks dalam organisasi ?

1.3 TUJUAN
            1. Menjelaskan pengertian dari jaringan komputer
            2. Menjelaskan pengertian dari organisasi
            3. Menjelaskan pengertian dari spiceworks
            4. Menjelaskan fitur-fitur yang ada pada spiceworks
            5. Menjelaskan manfaat spiceworks bagi organisasi















BAB II
PEMBAHASAN


2.1 PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
            Techi Wire House mendefinisikan pengertian jaringan komputer yang telah dialih bahasakan bahwa Pengertian Jaringan komputer secara ekspilisit adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung. Ketika komputer ini bergabung dalam jaringan, maka orang dapat berbagi file dan peripheral seperti modem, printer, tape drive cadangan, atau CD-ROM drive. Secara luas jaringan komputer bisa terhubung kebeberapa lokasi yang terhubung dengan menggunakan layanan yang tersedia dari Perusahaan penyedia Layanan Internet, sehingga jaringan komputer dapat mengirim e-mail, berbagi link ke Internet global, atau melakukan konferensi video secara real time dengan pengguna jarak jauh lainnya. Jadi jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari komputer-komputer dan perangkat-perangkat jaringan lainnya yang terhubung satu sama lain, bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Perangkat jaringan sangat penting untuk berlangsungnya hubungan atau komunikasi antar komputer. Informasi berpindah dari komputer ke komputer lainnya dengan menggunakan jaringan daripada melalui perantara manusia. Sehingga membuat pertukaran informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Kebanyakan jaringan dasar memiliki dua buah komputer yang berkomunikasi satu sama lain dengan medium kabel ataupun medium lainnya. Ketika komputer Anda terhubung ke komputer lain, Anda dapat memindahkan informasi dengan cepat dan efisien.
Tujuan Jaringan Komputer
Tujuan dari jaringan komputer yaitu, antara lain :
-Resource Sharing , tujuan ini agat seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh orang yang berada atau berhak atas suatu jaringan komputer tanpa terpengaruh lokasi. Jadi lebih ringkasnya tujuan ini diharapkan dapat menghilangkan kendala jarak
-Keandalan Tinggi , artinya file file yang diperlukan dapat di taruh pada dua atau tiga buah mesin (komputer), sehingga apabila salah satu mesin tersebut tidak dapat dipakai atau rusak maka mesin yang lain dapat mengambil alih tugasnya
-Saving Money(Menghemat Uang) , maksudnya adalah kita dapat menggunakan satu server yang dapat dipakai bersama sama melalui komputer pribadi , jadi dalam jaringan komputer kita tidak harus menggunakan komputer mainframe yang harganya cukup mahal, kita dapat terhubung ke jaringan dengan komputer pribadi dan mengakses data di server
-Skalabilitas , yaitu kemampuan untuk meningkatkan kinerja secara berangsur angsur hanya dengan menambah sejumlah processor

Manfaat jaringan Komputer dalam perusahaan
membagi sumber daya adalah jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. yang kedua yaitu rehabilitas tinggi adalah jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopykan data – data kedua atau tiga komputer. yang ketiga yaitu menghemat biaya adalah dengan jaringan komputer, sebuah perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan.yang keempat sebagai sarana komunikasi adalah jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi.

2.2 PENGERTIAN ORGANISASI
            Organisasi adalah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama, terkendali dan terpimpin untuk tujuan tertentu. Organisasi biasanya memanfaatkan suatu sumber daya tertentu misalnya lingkungan, cara atau metode, material, mesin, uang, dan beberapa sumberdaya lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi tersebut. Orang orang yang terkumpul dalam sebuah organisasi sepakat untuk mencapai tujuan tertentu melalui sumber daya secara sistematis dan rasional yang terkendali dan adanya pemimpin organisasi yang akan memimpin operasional organisasi dengan terencana.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut :
1.  Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan  manajer mengejar tujuan bersama.
2.  Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
3.  Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan. Struktur Organisasi sangat penting untuk dapat dipahami oleh semua komponen dalam rangka menciptakan sistem kerja yang efektif dan efesien. Struktur organisasi merupakan deskripsi bagaimana organisasi membagi pekerjaan dan melaksanakan tugas atau pekerjaannya dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Struktur organisasi juga mengatur siapa yang melaksanakan tugas dan pekerjaan itu. Selain membagi dan mengatur tugas dan pekerjaan yang diemban oleh organisasi, struktur organisasi juga menggambarkan hubungan organisasi secara internal maupun eksternal.
Bentuk-bentuk organisasi
-Organisasi politik
-Organisasi sosial
-Organisasi mahasiswa
-Organisasi olahraga
-Organisasi sekolah
-Organisasi negara

2.3 PENGERTIAN SPICEWORKS
            Spiceworks adalah sebuah aplikasi untuk manajemen desktop, manajemen persediaan, pengelolaan jaringan dan help desk perangkat lunak. Secara umum untuk mendapatkan paket software yang lengkap untuk Windows dengan hampir semua fitur yang dibutuhkan, pengguna diharuskan untuk membeli perangkat lunak yang berharga mahal dan kebanyakan hanya digunakan oleh perusahaan besar serta menengah. Namun untuk aplikasi ini, pengguna komputer dapat memakainya secara gratis. Monitoring jaringan komputer dibutuhkan untuk melakukan pengawasan pada jaringan yang kita miliki atau yang telah kita buat, agar jaringan selalu terkontrol dan apabila koneksi terputus dapat langsung diketahui oleh kita atau administrator jaringan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan monitoring jaringan yaitu dengan menggunakan software, software disini banyak sekali macamnya dan berbeda beda feature dan fungsinya. Pada kali ini akan dibahas salah satu software untuk monitoring jaringan komputer yaitu spiceworks yang telah saya gunakan.
Spiceworks merupakan sebuah aplikasi atau software untuk memanage dekstop dan pengelolaan serta pengawasan jaringan. Spiceworks ini sangat cocok untuk digunakan pada jaringan komputer di rumah anda sendiri maupun di bisnis kecil karena tidak memerlukan admin yang banyak. Cara instalasi Spiceworks pun sangatlah mudah, yang pertama kita harus mendownload dulu dari situs resminya. Kemudian setelah download selesai baru kita mulai install di komputer atau di laptop. Spiceworks adalah alat yang dikembangkan untuk mempertemukan para profesional TI untuk membantu personil TI lainnya dengan masalah yang mereka hadapi dengan pekerjaan mereka. Dimulai pada tahun 2006, Spiceworks telah menyediakan pakar TI dan cara meningkatkan infrastruktur TI dan sebagainya. Spiceworks Help Desk dipasarkan sebagai help desk TI murni dan alat manajemen tiket yang bisa diunduh dan di-host secara gratis. Ini menawarkan sistem layanan tiket tak terbatas tanpa batas admin bahwa elemen sosial yang memungkinkan agen berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah untuk memberikan solusi terbaik atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan klien mereka.

2.4 FITUR-FITUR SPICEWORKS
            Terdapat 7 feature utama yang disediakan oleh Spiceworks My Spiceworks, Inventory, Help Desk, Reports, Community, Store, dan Settings. Fungsi dari Spiceworks ialah menampilkan berbagai informasi mengenai perangkat dalam jaringan secara lengkap dan dilengkapi dengan IT management tool sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan troubleshooting jika terjadi masalah dalam jaringan. Spicework akan mengelola jaringan komputer mulai dari memberikan informasi disk space, antivirus yang digunakan hingga memberikan pesan dan pemberitahuan saat terjadi error atau masalah pada jaringan. Beberapa kelebihan pada Spiceworks yaitu memiliki feature yang relatif lengkap dan jika membutuhkan bantuan terdapat help desk yang akan mudah dipahami, software Spiceworks gratis. Sedangkan untuk kekurangan dari Spiceworks yaitu, untuk seorang pemula software ini agak sulit untuk digunakan karena banyak feature dan menu utamanya, kemudian untuk banyaknya informasi setiap perangkat yang terhubung memiliki banyak data, tetapi untuk hal-hal seperti server perlu menggunakan alat lain yang mendukung, software ini mudah digunakan dalam jaringan yang kecil, namun apabila jaringan besar seperti di perusahaan besar atau di kantor maka dibutuhkan software yang lebih memadai.
Cara Kerja Spiceworks berjalan dengan tahapan sebagai berikut :
     Aktive Direktori Diakses
Jika digunakan Spiceworks memiliki aksesterhadap active directory, Spiceworks akan memeriksa active directory tersebut untuk menginventarisasi asset pada jaringan. Spiceworks menggunakan info ini(alamat IP, sistem operasi, tingkat service pack, nama mesin) untuk mengisi informasi perangkat yangditemukan.
     NetBIOS diakses
Netbios akan diakses untuk mendapatkan informasi asset pada jaringan sebanyak mungkin
    Alamat IP pada jaringan di Ping
IP addres yang ada dijaringan akan di ping, danspiceworks akan memberikan informasi yang mana IP yang online dan yang kosong ( offline )
     Mesin Diidentifikasi
Mesin yang merespon ping, akan diidentifikasi oleh berdasarkan port yang bisa dimasuki oleh spiceworks.Spiceworks akan mencoba untuk terhubungmenggunakan SNMP, WMI, SSH, SIP, MAC alamat,kemudian HTTP. Jika semua port gagal, makaspiceworks akan mengidentifikasi mesin sesuai infoyang didapat dari NetBIOS dan akan berlabel“unkown”. Pada mesin yang mendapat label unkown, berarti spiceworks tidak mendapatkan informasimendetail tentang mesin, dan hanya info terbatas, dan biasanya akan bertuliskan “scan error”.
     Informasi Dikumpulkan
Dengan protocol yang sesuai, spiceworks akanmengumpulkan informasi sesuai dengan jenis mesin.Misalnya, untuk PC, maka informasi software bisadidapat, dan untuk switch, port mana yang sedangon/off.
    Sebuah Laporan DNS Dibuat
Laporan tentang Domain Name System akan dibuatsetelah proses scanning selesai, apakah ada perubahanDNS atau tidak.
    Perangkat Dikelompokkan
Setelah melakukan proses scan dan mendapatkaninformasi dari perangkat, spiceworks akanmengelompokkan perangkat-perangkat tersebut kedalam beberapa kategori, seperti workstation/PC,server, printer, dll. Anda juga dapat melakukan pengelompokkan sendiri (custom) pada bagianinventory.
    Kegiatan yang masuk
Ketika Scan berjalan, spiceworks akan mengumpulkankegiatan windows berdasarkan kriteria admin padasetiap perangkat.

2.5 MANFAAT SPICEWORKS
-Freeware ini sangat cocok bagi anda yang memiliki bisnis kecil atau network di rumah anda namun tidak memiliki staff IT yang banyak.
-Spiceworks akan menghemat biaya pengeluaran anda dengan mengurangi jumlah Staff IT yang anda sewa.
-Spiceworks akan menampilkan berbagai informasi mengenai network device anda ecaran detail dan dilengkapi dengan IT managemen tool sehingga anda bisa menemukan solusi dan troubleshooting jika terjadi masalah di network anda.
-Spicework akan memanage network anda mulai dari memberikan informasi disk space, antivirus yang digunakan hingga memberikan notifikasi dan pemberitahuan saat terjadi error atau masalah pada network anda.
-Spicework juga akan memberi saran kepada anda jika terjadi masalah semisal saran untuk menginstall software tertentu dan troubleshooting lainnya.
Kelebihan Spiceworks :
1. Easy-installation (bisa localhost ataupun server, baca OS compatibility di situsnya)
2. Agent-less (tidak perlu menginstall tools tambahan di komputer client)
3. Full-featured (fiturnya lengkap, mulai dari network scanning, reporting hingga helpdesk)
4. Free License (gratis namun aplikasi ini bersifat closed-source dan disisipi ads oleh developernya, selebihnya tidak ada yang mengganggu)
5. Easy2Use (cukup mudah untuk mempelajari penggunaan tools ini)
Kelemahan Spiceworks :
Kepadatan informasi per komputer, memiliki banyak data per mesin tetapi untuk hal-hal seperti server banyak statistik perlu menggunakan alat lain.
Disini pastinya sebuah software atau alat memiliki kelebihan dan kekurangan,  ada beberapa kelebihan pada Spiceworks yaitu sebagai berikut  :
1. Mudah sekali dalam instalasi dan tidak membutuhkan waktu lama pada saat proses instalasi
2. Kita tidak perlu menginstall aplikasi atau peralatan tambahan pada komputer lain
3. Fitur yang dimiliki Spiceworks lengkap dan jika membutuhkan bantuan terdapat help desk yang akan mudah dipahami
4. Software Spiceworks gratis dan dapat langsung kita download dari situs resminya
 Sedangkan untuk kekurangan Spiceworks yaitu,  untuk seorang pemula software ini agak sulit untuk digunakan karena banyak fitur dan menu utamanya,  kemudian untuk banyaknya informasi per device yang terhubung memiliki banyak data per mesin tetapi untuk hal-hal seperti server perlu menggunakan alat lain yang mendukung.
Kelemahan Spiceworks dibanding tools yang lain yaitu software ini mudah digunakan apabila jaringan yang kita monitor tidak besar seperti di rumah atau di coffeshop namun apabila jaringan besar seperti di perusahaan besar atau di kantor maka dibutuhkan software yang lebih memadai karena fitur pada Spiceworks untuk monitoring jaringan besar masih kurang.











BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Setelah memahami mengenai jaringan komputer kita dapat memahami bagaimana pemanfaatan jaringan komputer tersebut. Sehingga dalam pelaksanaannya jaringan komputer sangatlah di perlukan untuk mempermudah kerja manusia.
Penggunaan Jaringan komputer bisa kita terapkan pada saat kita akan mengirim data baik lewat LAN, WAN, Internet. Dengan adanya jaringan komputer mempermudah pengiriman data tidak hanya lewat flashdisk tetapi langsung antar komputer.
Ada banyak aplikasi yang memanfaatkan jaringan komputer seperti email, file service,spiceworks dll yang sangat bermanfaat bagi organisasi besar dan kecil.


















DAFTAR PUSTAKA






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cybercrime

Sosial Media