Sosial Media Dan Komunitas

Nama : Made Alam Kamajana
Nim : 1705552023
Jurusan : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Udayana
Mata kuliah : Aplikasi Sosial Media (A)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Pertemuan ketiga membahas tentang social media dan komunitas

           Komunitas adalah sekumpulan orang-orang yang tergabung dalam suatu kelompok/grup dengan tujuan,minat,hobi,visi dan misi yang sama. Mengapa terdapat komunitas? Karena manusia adalah mahkluk social dimana setiap individu membutuhkan individu lainnya untuk berkembang dan tidak bisa hidup sendiri. Sosial media dan komunitas erat kaitan nya. Didalam sosial media sering kita jumpai berbagai komunitas, contoh nya komunitas bahasa inggris, komunitas olahraga dan lain-lain. Demikian juga hal nya dalam komunitas sering menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan anggota nya.

          Terdapat dua jenis komunitas yaitu komunitas dunia maya dan komunitas dunia nyata.
Contoh komunitas dunia nyata adalah SWB atau semeton workout bali, yaitu sebuah komunitas olahraga yang mengharuskan anggota nya untuk berinterkasi secara langsung untuk berolahraga bersama.
https://pbs.twimg.com/profile_images/821921806218997760/sP6iQkeV.jpg
Logo komunitas SWB


Contoh komunitas dunia maya adalah Komunitas hacker dimana anggotanya tidak perlu bertatap muka secara langsung, cukup berinteraksi secara tidak langsung melalui social media untuk berdiskusi ataupun bertukar ilmu, biasanya melalui facebook.
http://mamamama.yolasite.com/resources/76591304.jpg.opt599x439o0,0s599x439.jpg
Logo Komunitas Hacker

Namun terkadang, suatu komunitas nyata dapat menggunakan dunia maya untuk saling berinteraksi,berbagi informasi dan berdiskusi dengan anggota nya, demikian juga dengan komunitas dunia maya mengadakan berbagai seminar,ataupun kegiatan lainnya untuk berinteraksi dengan anggotanya secara langsung.

           Kekuatan komunitas di dunia maya : tujuan utama suatu komunitas adalah untuk mengumpulkan dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan,tujuan,hobi,minat dan bakat yang sama. Namun komunitas dapat juga digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, Contoh nya seperti kasus yang terjadi belakangan ini yaitu bencana gunung Agung. Komunitas Hacker di bali memberikan bantuan sumbangan dari anggota nya ataupun dari orang lain dengan cara kampanye di social media dan di dunia nyata dengan tujuan untuk mendorong lebih banyak orang agar bersedia memberikan sumbangan kepada korban bencana gunung Agung, itu merupakan kekuatan komunitas untuk mengangkat suatu kasus ke permukaan. Komunitas dapat juga berasal dari orang-orang yang memiliki hobi sama, contoh saya memiliki hobi sepakbola, tetapi saya bukan atlet. Karena ingin sekedar menambah skill dan bermain bola, saya memutuskan untuk bergabung ked alam komunitas sepak bola. Setelah itu komunitas saya mengikuti sebuah turnamen dan berhasil memenangkan nya. Darisitu komunitas saya akan berkembang menjadi komunitas yang memiliki naman besar bahkan mendapatkan banyak uang dari sponsor ataupun hadiah turnamen. Contoh lain nya dari komunitas hobi adalah Fashion, seperti fashin KoM sebuah komunitas besar dimana anggota nya saling berbagi info fashion,took ataupun hal lainnya. Dengan bergabung dengan komunitas fashion yang sejalan dengan hobi maka kita bisa membuat bisnis fashion, seperti membuka boutique, clothing line dan lain-lain lalu kita membagikan nya kepada komunitas fashion untuk dikomentari, dipasarkan atau sekedar promosi.

Dikutip dari hitsss.com, 5 langkah membangun social media adalah :
Manfaatkan tagar
Bila pengikut kamu masih dalam jumlah sedikit, dan kamu ingin membentuk sebuah komunitas melalui pengikutmu, maka pemanfaatan tagar ialah salah satu cara memulainya. Sebarkan tagar tertentu yang menarik dan sesuai dengan kampanye atau acara yang akan kamu buat, melalui media sosial atau orang-orang terdekatmu. Tagar juga dapat menghitung seberapa banyak orang yang berada di komunitas tersebut. Tentu saja, kamu tidak boleh ragu untuk mengundang banyak orang.
‘Nyemplung’ ke dalam komunitas
Setelah komunitas terbentuk, kamu harus harus mendekatkan diri dengan mereka yang sudah berkontribusi di dalam komunitasmu. Memang tidak mudah berkenalan satu per satu dengan mereka. Oleh karena itu, adakan pertemuan santai alias kopi darat, yang bisa menjadi medium untuk berinteraksi secara langsung dengan seluruh anggota komunitas.
Libatkan merek tertentu
Agar pengikut atau anggotamu tidak bosan, libatkan mereka dengan sebuah merek tertentu. Baik merek lokal maupun internasional, kini sering mengadakan kampanye melalui akun media sosial mereka. Bila kamu tertarik atau menjadi pengguna merek tertentu yang sedang menggelar kampanye, maka akun media sosialmu akan semakin ramai karena diajak melakukan hal serupa.
Kenalkan pada masyarakat
Sebagai influencer, kamu dapat mengenalkan pengikutmu kepada pengikut lainnya. Jangan ragu untuk repost foto terbaik dari pengikutmu, bila mereka bergabung dalam kampanye yang kamu lakukan. Dengan begitu, pengikutmu akan senantiasa merasa dilibatkan oleh akun media sosial milikmu.
Berikan inspirasi
Tentu saja, semakin banyak pengikut akun media sosial yang kamu miliki, kamu tidak bisa sembarangan mem-posting foto. Malah beberapa influencer kerap melakukan sesi foto khusus dengan kamera memadai. Penulisan keterangan foto juga harus dirancang sebaik mungkin sehingga mampu memberikan inspirasi bagi para pengikutmu, baik dalam berkarya atau pun berbuat sesuatu.
Demikianlah Ulasan tentang materi pertemuan ketiga, yaitu Sosial Media Dan Komunitas.

Daftar Pustaka :
-https://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas
-https://www.hitsss.com/5-kiat-membangun-komunitas-dan-akun-media-sosial-yang-manusiawi-dari-ernanda-putra/
-Slide presentasi oleh 
I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cybercrime

JARINGAN KOMPUTER DAN ORGANISASI

Sosial Media